Cara Mengatasi Rambut Bercabang

Cara Mengatasi Rambut Bercabang

Cara Mengatasi Rambut Bercabang – Rambut merupakan mahkota bagi semua orang. Dengan adanya rambut yang kita miliki, tentu akan membuat penampilan kita menjadi lebih menarik. Tak hanya pria tetapi juga wanita yang mengartikan rambut sebagai hal yang penting demi menunjang penampilan anda. Maka dari itu, anda harus menjaga dengan baik rambut anda.

Bayangkan bila anda tidak mempunyai rambut di kepala. Kondisi ini membuat Anda mau tak mau harus menggunakan wig atau rambut palsu. Tujuannya agar penampilan anda terlihat menarik. Lain halnya apabila anda memiliki masalah dengan rambut yang bercabang. Hal semacam itu akan membuat anda tak merasa percaya diri. Sehingga Anda perlu mengetahui beberapa penyebab yang membuat rambut Anda bercabang.

Penyebab Rambut Bercabang

Rambut merupakan bagian tubuh yang paling atas. Sehingga kita harus menjaga dan merawatnya sebaik mungkin. Tetapi tidak menutup kemungkinan setiap orang tentu pernah mengalami masalah rambut bercabang. Berikut beberapa penyebab dari rambut bercabang yang harus Anda ketahui :

  • Kebersihan rambut yang kurang terjaga.
  • Penggunaan alat-alat modern seperti hairdryer.
  • Terkena sinar matahari terlalu lama serta polusi.
  • Rambut sering mengalami lembab pada daerah ujung rambut.

Beberapa penyebab di atas itulah yang menjadi faktor utama terjadinya rambut menjadi bercabang bahkan hingga merah. Dengan demikian, pasti anda ingin mengatasinya dan membutuhkan solusi yang terbaik demi mendapatkan rambut yang sehat dan tidak bercabang. Berikut kami sajikan tips dan cara terbaik untuk mengatasi rambut bercabang. Semoga tips ini bisa membantu Anda dalam mengatasi masalah yang terjadi pada rambut Anda.

1. Menyisir Rambut

Cara ini di lakukan untuk membantu anda agar rambut terlihat lebih rapih dan tidak kusut. Disamping itu, sebaiknya anda menggunakan sisir rambut dengan gigi yang arang atau jarang. Cara ini secara tak langsung akan membuat penyebaran minyak alami yang di hasilkan rambut dapat tersebar dengan baik. Tetapi, ada baiknya anda tidak untuk menyisir rambut dengan kuat atau terburu-buru agar rambut tak rontok dan rusak.

2. Conditioner dan Spa Rambut

Selain membersihkan rambut dengan cara keramas dengan shampo, anda juga harus melakukan juga dengan menggunakan conditioner agar rambut anda menjadi halus dan tak rusak. Penggunaannya yakni cukup dengan memberikan contioner pada area ujung rambut anda supaya tak rusak atau bercabang. Anda harus memilih conditioner yang sesuai dengan keadaan rambut anda yang bisa di bilas atau tidak. Tak hanya itu saja, anda pun bisa menggunakan spa rambut yang dapat membantu anda untuk memperbaiki rambut yang bercabang dan tumbuh sehat.

3. Biarkan Rambut Kering Secara Alami

Sebagian dari anda tentu menggunakan hairdryer atau pengering rambut agar rambut yang basah cepat bisa kering. Tetapi, penggunaan hairdryer akan membuat rambut kering tidak alami dan akan membuat pertumbuhan rambut yang lambat. Hal ini terjadi karena minyak alami pada rambut akan hilang sehingga rambut menjadi rusak dan bercabang.

4. Hindari Air Hangat

Mandi menggunakan air hangat tentu akan membuat anda segara dan menyenangkan bagi tubuh. Akan tetapi sebaiknya anda perlu menghindari untuk tidak menggunakan air hangat pada rambut karena akan merusak kelembaban rambut karena minyak alami rambut hilang.

5. Pilih Shampo yang Sesuai

Shampo merupakan bahan pembersih rambut yang terbaik, sehingga akan merawat rambut agar menjadi sehat. Akan tetapi, kadang anda salah dalam memilih shampo yang akhirnya malah membuat rambut anda menjadi rusak. Ada baiknya bila anda menggunakan shampo yang dapat membantu anda untuk merangsang dalam penyebaran minyak alami pada rambut dengan cara mencuci rambut. Hal ini berguna untuk melancarkan peredaran darah pada area kepala.

6. Minyak Zaitun

Cara pertama yang dapat anda coba yakni dengan menggunakan minyak zaitun. Cara penggunaanya yakni sebelum keramas balurkan minyak zaitun pada permukaan rambut. Diamkan selama 5 menit lalu bilas dengan shampo. Cara ini dapat diterapkan sebanyak 2 kali dalam seminggu.

7. Alpukat + Minyak Zaitun

Haluskan satu buah alpukat kemudian campurkan dengan 1/2 sendok teh minyak zaitun. Setelah tercampur rata balurkan pada rambut , namun sebelumnya basahi terlebih dulu rambut anda. Diamkan selama 30 menit dan langkah terakhir yakni bilas dengan menggunakan air biasa.

Demikianlah ulasan tentang langkah atau cara mengatasi rambut bercabang yang bisa anda coba. Supaya hasilnya lebih maksimal dan juga memuaskan, sebaiknya lakukan cara yang sudah disebutkan diatas dengan rutin dan juga mengkombinasikannya dengan pola makan yang sehat. Sekian dulu tips kesehatan kali ini, semoga informasi kesehatan diatas bisa bermanfaat bagi anda semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *